Manfaat Zat Besi bagi Kecerdasan si Kecil

Manfaat Zat Besi bagi Kecerdasan si Kecil

Rasanya tentu sangat bahagia melihat buah hati tumbuh cerdas. Anda juga pasti bisa merasakannya jika Anda memberikan dukungan nutrisi yang terbaik bagi si kecil. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah memberi asupan zat besi yang memadai. Berikut adalah beberapa manfaat zat besi yang berpengaruh bagi kecerdasan si kecil.

  1. Pembentukan Mielin

Mielin merupakan sebuah selubung saraf dan berperan penting dalam kelancaran kerja otak. Mielin ini tersusun dari zat-zat yang mengandung protein serta lemak. Selain kedua zat tersebut, pembentukan mielin atau mielinasi juga sangat dipengaruhi oleh adanya zat besi.

Zat besi ini memiliki peran penting dalam pembentukan serta pemeliharaan mielin. Itulah mengapa asupan zat besi pada anak harus terpenuhi dengan baik agar kerja otak tetap berjalan secara optimal. Kekurangan zat besi bisa berpengaruh pada kerja otak dan saraf serta bisa menghambat perkembangan kecerdasan si kecil.

  1. Pembentukan Neurotransmitter

Di dalam otak terdapat suatu zat kimia yang memiliki peran penting. Zat tersebut adalah neurotransmitter. Ternyata pembentukan neurotransmitter itu sendiri juga sangat dipengaruhi oleh zat besi. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan pembentukan neurotransmitter.

Jika pembentukan neurotransmitter terhambat, maka kerja otak tidak akan optimal. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan munculnya perilaku hiperaktif pada anak. Anak akan melakukan aktivitas fisik secara berlebihan dan menurunkan kemampuannya dalam berkonsentrasi dan berpikir.

  1. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Kecukupan zat besi akan sangat membantu anak untuk bisa berkonsentrasi. Kondisi ini jelas sangat mendukung perkembangan kecerdasan anak. Jika anak bisa fokus pada apa yang ia kerjakan, maka ia akan belajar banyak hal. Kekurangan zat besi diketahui bisa menurunkan daya konsentrasi anak.

Salah satu penyebabnya berhubungan dengan fungsi zat besi yang mencegah anemia. Anak yang menderita anemia akan lemas dan sulit untuk fokus. Kondisi ini bisa saja terus berlanjut dan berkembang semakin parah. Jika tidak diberikan tindakan yang tepat, anak akan semakin lemas dan perkembangan kecerdasannya terhambat.

  1. Menjaga Imunitas

Zat besi memiliki peran penting dalam memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas si kecil. Jika anak memiliki daya imun yang kuat maka ia tidak akan mudah jatuh sakit. Jika anak tidak mudah sakit maka ia bisa mengeksplorasi lingkungannya dengan baik dan banyak belajar.

Lain halnya dengan anak yang sering sakit. Mereka tidak bisa belajar secara optimal. Oleh karena itu, wajib bagi orang tua untuk memastikan daya tahan tubuh si kecil kuat dan tidak rentan sakit. Salah satu caranya adalah dengan memberikan asupan zat besi yang mencukupi.

  1. Meningkatkan Motorik dan Kognitif

Zat besi akan mengoptimalkan pertumbuhan si kecil. Zat besi juga akan mendukung perkembangan motorik serta kognitif anak. Dua hal ini sangat berpengaruh pada kecerdasan si kecil. Selama perkembangan motorik dan kognitif mereka lancar maka kecerdasan mereka akan berkembang dengan baik.

Lain halnya jika anak mengalami defisiensi atau kekurangan zat besi. Mereka tidak bisa berkembang dengan optimal. Kemampuan motorik mereka tidak berkembang dengan baik. Selain itu perkembangan kognitif mereka juga terhambat. Kondisi ini akan berdampak buruk pada kecerdasan anak di masa depan.

Itulah tadi 5 manfaat zat besi yang berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak. Jika Anda ingin anak tumbuh dengan perkembangan otak yang cerdas, perhatikan asupan zat besi yang mereka terima. Berikan makanan tinggi zat besi bagi anak seperti bayam, hati, daging merah, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Written by