Begini Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani Sejak Kecil

Begini Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani Sejak Kecil

Kecepatan teknologi dan informasi di zaman ini turut mempengaruhi gaya hidup kebanyakan orang, perkembangan ekonomi dunia, bahkan cara para orang tua mendidik anak-anaknya. Secara umum respon orang tua akan sangat mempengaruhi perilaku anak. Dengan begitu, mendidik mental anak yang mandiri dan berani sejak dini adalah hal yang penting. Berikut ini cara mendidik anak agar mandiri dan berani sejak kecil.

Memberikan Kepercayaan pada Anak

Memberikan kepercayaan kepada anak merupakan hal yang cukup penting bagi kehidupan tumbuh kembangnya. Anda dapat membiasakan anak mulai dari hal kecil, misalnya mempercayai anak untuk makan sendiri ataupun melakukan kegiatan lainnya yang masih sanggup dilakukan sendiri oleh anak.

Berikan rasa kepercayaan Anda pada anak sesuai dengan usianya. Memberikan kepercayaan pada anak dapat melatih rasa percaya diri serta tanggung jawab anak. Biasanya, seorang anak yang sudah terlatih untuk mandiri tidak akan terlalu bergantung dengan orang lain. Sebagai orang tua sebaiknya Anda memberikan kesempatan untuk anak berani mengambil keputusan sendiri.

Menghargai Usaha Anak

Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Menghargai usaha seseorang merupakan sebuah kebaikan terlepas dari tepat atau tidaknya usaha yang dilakukan orang tersebut. Anda wajib memberikan apresiasi dan ungkapan bahagia atas usaha anak yang telah berani mengembangkan sikap mandirinya.

Berikanlah pujian ketika anak berhasil menumbuhkan sikap keberanian dan kemandiriannya meski berlangsung sedikit demi sedikit. Tetap dukung dan semangati anak untuk dapat terus maju dan mengembangkan sikap berani dan mandirinya.

Perkenalkan Anak dengan Dunia Luar

Anda dapat memulai dengan membawa anak bertemu dengan orang lain dalam lingkup kecil dan bertahap menuju lingkup yang lebih besar. Tidak jarang ditemui bahwa anak-anak malu dan takut untuk berbaur dengan orang baru di sekitarnya. Biasakan anak untuk bertemu dengan banyak orang.

Pada awalnya mungkin anak akan merasa tidak nyaman, namun jangan menyerah tetap cobalah secara perlahan. Sebagai langkah awal Anda dapat mengajak anak bermain sore hari di taman sekitar rumah. Tentunya anak akan mengenal dunia luar dan berbaur dengan lingkungan baru. Hal ini nantinya akan membuat anak tidak kaget saat bertemu dengan banyak orang.

Tumbuhkan Sikap Saling Menghormati

Ajarkan anak untuk selalu menghormati semua orang yang berada di sekitarnya. Sikap saling menghormati merupakan hal penting yang harus dilatih sejak dini. Biasakan anak untuk menghormati orang yang lebih tua maupun teman sebayanya. Jangan coba-coba menakut-nakuti anak. Kebiasaan menakut-nakuti anak dapat menurunkan tingkat kemandirian anak nantinya.

Ajarkan Kebiasaan Meminta Maaf dan Berterima Kasih

Ibu wajib menanamkan kedua hal ini pada anak sejak dini. Dimulai dengan ibu yang memberi contoh baik maka anak akan mengikutinya. Meminta maaf atas sebuah kesalahan dan mengucapkan terima kasih merupakan tindakan mulia yang perlu diterapkan untuk kehidupan anak kelak.

Nah, itulah 5 cara mendidik anak agar mandiri dan berani sejak kecil. Keberadaan orang tua disamping anak tidak akan selamanya. Dengan begitu mendidik mental anak dengan cara yang tepat sangat penting untuk dilakukan sejak kecil.

Written by