Tips Mudah Membuat Kopi Espresso ala Kafe

Tips Mudah Membuat Kopi Espresso ala Kafe

Sejak dipatenkan pada tahun 1844 oleh Angelo Moriondo, kopi espresso masih populer di kalangan pecinta kopi. Meski terlihat klasik dan tidak kekinian, ia memiliki rasa unik yang membuatnya selalu dicari oleh para penikmat kopi. Lalu bagaimana cara membuat espresso dengan hasil terbaik? Nah, berikut ini tips membuat espresso ala kafe.

1. Gunakan Biji Kopi Terbaik

Cara terbaik untuk menyiapkan espresso didasarkan pada bahan-bahan yang digunakan karena biji kopi terbaik dapat membuat perbedaan besar dengan rasa kopi Anda. Untuk menyeduh espresso, baik dalam one shot maupun double shot, Anda perlu melakukan hal yang benar. Anda bisa menggabungkan biji kopi Arabika dan Robusta, terutama untuk espresso blend.

Jika Anda menginginkan espresso dengan rasa yang lebih manis, lebih tajam dan aromatik, Anda bisa menambahkan kopi Amerika Tengah yang kemungkinan akan meningkatkan level karakter hingga 25%. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan dari kopi Sulawesi dan Sumatra. Untuk rasa yang sedikit pedas, Anda dapat memilih kopi Ethiopia yang memiliki karakter aromatik.

2.  Beberapa Hal yang Wajib Anda Perhatikan

Selain biji kopi, air merupakan elemen penting dalam membuat espresso. Ketika memilih air, pastikan bahwa air itu juga berkualitas baik untuk meminimalkan endapan dan mineral yang tidak baik. Hal ini tidak hanya dapat mengubah rasanya, tetapi juga alat yang digunakan. Untuk memastikan airnya baik atau tidak, Anda dapat menggunakan alat tes kualitas air.

Suhu air yang baik untuk menyeduh kopi adalah pada suhu 90-96 derajat celcius. Suhu air yang terlalu rendah akan menghasilkan lebih banyak brightness dan rasa yang lebih sedikit. Namun, jika suhunya lebih tinggi, karakternya akan lebih intens dan roasty. Karena itu, Anda dapat menyesuaikan suhu ini tergantung selera Anda.

Lalu masalah berikutnya pada takarannya. Standar yang digunakan untuk membuat espresso double shot adalah menggunakan bubuk kopi dengan takaran 10-14 gram. Sedangkan untuk espresso one shot, Anda bisa menggunakan takaran 7-9 gram. Jika Anda menggunakan lebih banyak bubuk kopi, intensitasnya akan lebih besar.

3. Alat yang Digunakan

Hal lain yang tak kalah penting untuk membuat espresso terbaik adalah alat yang Anda gunakan. Biasanya, yang paling sering digunakan dan wajib adalah scale atau timbangan. Kemudian mesin espresso, mesin espresso ini sangat penting untuk menjaga kualitas kopi yang dihasilkan. Ada beberapa jenis mesin espresso, mulai dari manual, semi otomatis hingga mesin yang otomatis.

Setelah mesin kopi, alat yang dibutuhkan untuk menyiapkan espresso adalah penggiling atau grinder. Semakin konsisten level dalam penggilingannya, semakin konsisten rasa yang dihasilkan. Jangan lupa juga untuk menggunakan tamper untuk mendapatkan ekstraksi yang merata.

Seperti itulah tips membuat kopi espresso ala kafe yang sangat nikmat. Mudah bukan, asalkan Anda mempunyai peralatan pembuat kopi yang lengkap, Anda bisa menyeduh kopi nikmat ala kafe setiap harinya. Namun untuk membuat espresso yang lebih simpel, Anda bisa menggunakan kapsul Espresso Intenso dan mesin NESCAFÉ Dolce Gusto.

Written by