Tanda-Tanda Mobil Harus Ganti Oli Mesin

Tanda-Tanda Mobil Harus Ganti Oli Mesin

Oli termasuk komponen penting di sebuah mobil. Tanpa adanya oli, mesin mobil tidak bekerja dengan maksimal. Oli berfungsi sebagai pelumas mesin dan komponen di dalam mobil. Sehingga tidak terjadi  gesekan yang membuat komponen cepat rusak. untuk mengganti oli mesin bisa dilakukan sendiri atau di bengkel ganti oli.  oli harus diganti secara rutin, maksimal 6 bulan sekali. Ketika digunakan mesin akan mengalami pembakaran, ini akan merubah kondisi oli dan membuatnya hitam. Lalu kapan  mobil harus  ganti oli? berikut ini beberapa tanda yang harus anda waspadai.

Oli Berwarna Hitam Pekat dan Tekstur Encer

Oli yang baru biasanya memiliki tekstur kental dan berwarna kuning atau biru Tapi jika sudah digunakan terus menerus, oli akan berubah warna menjadi hitam pekat dan teksturnya encer.  Jika oli mobil anda sudah hitam dan encer, ini tandanya harus segera diganti. Warna hitam berasal dari zat emisi atau zat panas atau hasil sisa pembakaran mesin. Oli tersebut sudah terkontaminasi sehingga daya lumasnya menurun. Jika dibiarkan saja, akan membuat gesekan komponen mobil semakin berat dan cepat aus, akhirnya komponen akan rusak. oleh karena itu anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Jika Jarak Tempuh Lebih dari 5000 Km

Cara paling mudah untuk tahu tanda oli mesin harus diganti, dengan melihat jarak tempuh spedometer mobil anda.  jika jarak tempuh mobil sudah lebih dari 5000 km, maka harus segera diganti.  Karena oli sudah tidak bekerja dengan maksimal. Setiap melakukan perggantian oli mesin, pihak bengkel akan menulis berapa jarak tempuh yang tercatat di mobilnya. Sehingga lebih mudah untuk melakukan pengecekan. Untuk mobil matic, anda bisa mengganti oli jika sudah mencapai jarak tempuh lebih dari 3000 km.

Volume Oli Mesin Berkurang

Ganti oli mesin juga bisa melihat volumenya. Setiap mobil memiliki volume atau kapasitas oli yang berbeda. Tapi volume ini juga bisa berubah dengan bertambahnya pemakaian mesin. Ada beberapa hal yang menyebabkan volume oli mesin berkurang. Antara lain oli masuk ke bagian ruang bakar melalui celah dari ring piston, oli menguap saat kepanasan atau ada kebocoran oli. jika volume oli sudah berkurang, anda harus segera menggantinya supaya mesin bisa bekerja dengan baik.

Suhu Mesin Lebih Tinggi Dibandingkan Sebelumnya

Jika suhu mesin terlalu panas, bisa membuat mesin mogok dan rusak. oleh karena itu anda harus menjaga suhu mesin mobil dengan baik. ketika suhu mesin lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, ini berarti tanda oli harus segra diganti. Saat oli sudah tidak bagus, daya hantar panas akan berkurang. Akhirnya menyebabkan suhu mesin semakin tinggi. Ini akan mengakibatkan radiasi panas di blok mesin ke bagian kaki tidak terasa. Jika hal ini terjadi, anda jangan menganggap sepele, harus segera mengganti oli mesinnya dan melakukan perawatan komponen lainnya.

Suara Mesin Transmisi Kasar

Ketika memiliki mobil, anda harus lebih sensitif dengan kondisinya. Bila ada hal yang tidak nyaman, anda harus segera memperbaikinya. Salah satunya sata suara mesin transmisi kasar atau tidak seperti biasanya. Suara mesin transmisi yang kasar bisa disebabkan oleh kualitas oli yang menurun. Sehingga daya lumas ke gear transmisi juga ikut terganggu. gesekannya akan semakin kasar karena tidak ada pelumas, dan akhirnya menyebabkan suara mesin kasar.

Selain memahami tanda-tanda diatas, anda juga harus tahu beberapa mitos perggantian oli yang salah di pasaran. Banyak orang yang bilang mengganti mesin mobil berbagai merk akan membuat mesin cepat rusak. hal itu tidak benar, anda bisa menggunakan berbagai merk mesin. Asalkan kadar kekentalan olinya sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda. selain itu pastikan untuk mengganti oli sesuai dengan buku petunjuk mesin. Karena setiap mesin memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Jangan menunggu oli sampai berwarna hitam, karena mungkin sudah merusak komponen mobil. Anda bisa mencari tempat ganti oli yang terpercaya dengan harga murah di otomall.id. anda bisa menemukan bengkel yang tersebar di seluruh indonesia. sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat.

Written by